Godaan Syaiton Diwaktu Sakaratul Maut


Telah diriwayatkan dalam sebuah hadist, bahwasanya apabila manusia sedang sakaratul maut, maka datanglah syetan laknatullah, kemudian duduk disisi kepala seorang hamba, lalu syetan itu berkata, "Tinggalkan agama ini (islam), katakan bahwa tuhan ada dua, sehingga kamu akan selamat dari kepedihan sakaratul maut".

Apabila telah terjadi peristiwa demikian, maka itu adalah bahaya yang sangat mengerikan dan ketakutan yang besar. Oleh sebab itu, tetaplah dirimu agar selalu menangis dan merendahkan diri, serta menghidupkan waktu malam dengan memperbanyak rukuk dan sujud sehingga kamu selamat dari siksaan yang sangat pedih dari Allah SWT.

Pada suatu ketika, Al-iman Abu Hanifah pernah ditanya oleh seseorang : "Dosa apakah yang dikhawatirkan yang dapat menghapus iman seseorang pada waktu sakaratul maut?" Beliau menjawab : "Meninggalkan syukur atas keimanan, meninggalkan rasa takut apabila mati tidak dalam keadaan beriman, menganiaya sesama makhluk."

Maka barang siapa yang barang hatinya terdapat 3 hal diatas, maka kebanyakan ia itu akan keluar dari dunia dalam keadaan kafir, kecuali orang-orang yang mendapat keberuntungan.

Telah dikatakan  dalam sebuah riwayat, bahwasanya siksaan yang sangat pedih bagi mayit ketika sedang sakaratul maut adalah merasakan dahaga dan terbakarnya hati. Pada waktu itulah syetan mendapatkan kesempatan untuk menghapus iman seorang mukmin, karena merasakan kehausan dan kesakitan yang sangat parah pada waktu itu.

Pada saat itulah syetan datang disisi kepala seorang mukmin dengan membawa semangkok air yang kental, kemudian syetan menggerak-gerakkan  mangkok tersebut hingga seorang mukmin tersebut berkata : "Berikan aku air". Pada saat itulah seorang mukmin tersebut tidak mengetahui bahwa yang membawa mangkok tersebut adalah syetan. Lalu syetan itu berkata : "Katakanlah, bahwa dunia ini tidak ada yang menciptakan, sehingga aku memberikan air ini kepadamu". Jika seorang mukmin tersebut  termasuk golangan orang beruntung, maka tidaklah ia menjawabnya.

Kemudian syetan datang lagi kearah kearah dua kakinya dan menggerak gerakkan mangkok tersebut kepadanya, maka seorang mukmin itu berkata : "Berikan aku air". Lalubsyetan itu berkata : "Katakanlah bahwa Rasulullah SAW itu adalah seorang pendusta, sehingga sehingga air ini aku berikan kepadamu". Jika mukmin tersebut adalah orang yang beruntung maka ia akan menolaknya dan berpikir siapa yang ada didepannya.

Maka sangat penting bagi seorang mukmin untuk menuntun mukmin yang sedang sakaratul maut untuk mengajarkan ditelinganya kalimat thayyibah yaitu : 
Tiada Tuhan Selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Mansur ibnu Ammar berkata : "Apabila telah datang ajal seorang hamba, maka terbagilah keadaan hamba tersebut menjadi 5 bagian yaitu :
  1. Harta untuk ahli warisnya
  2. Ruh untuk malaikat Izrail
  3. Daging untuk cacing tanah
  4. Tulang belulang untuk tanah
  5. Kebaikan dunia untuk musuhnya dan syetan untuk menghapus imannya
Maka sangtlah disayangkan apabila syetan pergi memvawa iman sesorang ketika mati.

2 Responses to "Godaan Syaiton Diwaktu Sakaratul Maut"

  1. Serem juga ...smoga kita bisa lebih baik lagi

    ReplyDelete
  2. Waduh jd deg degkan ane setelah membaca artikel ini, tp bagus nmbah pengetahuan;)

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

close